Bahasa Indonesia - Pertemuan ke-3

Selamat pagi Guys,,,

Pagi ini, terasa mewah. kenapa coba??
akhirnya semua tugas kuliah minggu ini sudah selesai dan cucian mingguanpun sudah beres,, hehehe
maklum seorang perantau,,, :P

Kali ini aku mau post materi kuliah dech, biar pinter,,,
kan kalo belajar pagi itu biasanya lebih cepat masuk dan ngertinya, tapi gak semua orang kayak gini yakk,,

Materi pagi ini yaitu tentang Bahasa Indonesia.

Perbedaan kedudukan antara bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa indonesia sebagai bahasa negara bisa terlihat dari wujud, proses terbentuknya, dan fungsinya.
 

A.      Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bermulai saat dicetuskannya sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928, dan memiliki fungsi penting yaitu:

  1. Lambang Kebanggaan Kebangsaan : mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan kita.
  2. Lambang Identitas Nasional : bahasa Indonesia merupakan lambang bangsa Indonesia seperti layaknya bendera kita yang harus kita junjung tinggi sebagai lambang Negara.
  3. Alat Perhubungan Antarwarga, Antardaerah, dan Antarbudaya : Dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, setiap warga Indonesia dapat tinggal atau menjelajahi seluruh wilayah Indonesia
  4. Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing-masing ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia
    Contohnya : seorang dokter sumatera yang ditugaskan di papua, agar bisa berkomunikasi dengan orang sekitar dan tidak terjadi kesalahpahaman harus menggunakan bahasa Indonesia. Karena bahasa indonesia adalah bahasa nasional dan menjadi pemersatu dari beragamnya suku dan budaya indonesia.
B.      Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Dengan berlakunya Undang-Undang Dasar 1945, bahasa Indonesia dipakai dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan, baik secara lisan maupun tulisan. Sebagai bahasa negara, bahasa indonesia memiliki fungsi:
  1. Bahasa Resmi Kenegaraan
  2. Bahasa Pengantar Resmi di Lembaga-Lembaga Pendidikan
  3. Bahasa Resmi di dalam Perhubungan pada Tingkat Nasional
  4.   Bahasa Resmi di dalam  Pengembangan Kebudayaan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan serta Teknologi Modern. Maksudnya adalah bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana dalam memperkaya budaya dan meningkatkan IPTEK dengan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya.
Contohnya : saat pidato kenegaraan, harus menggunakan bahasa indonesia yang resmi.
Untuk lebih jelasnya materi bisa kalian download di link :
  1. http://www.scribd.com/doc/214958529/Modul-3-Kedudukan-Dan-Fungsi-Bahasa-Indonesia
  2. http://www.scribd.com/doc/214958527/PPt-3-Kedudukan-Dan-Fungsi-Bhs-Indonesia

Sekian dulu ya Guys,,

Salam senyum,, :)

Comments

Popular Posts