Merasa Kehilangan... Part II

Tidak seperti biasa, postingan kali ini sisi dari sifat manusia ku akan keluar. Secara sadar, sama aku juga sering mengeluh. Walau sebenarnya, ingin sekali tidak memiliki sifat ini tapi belum bisa...

Hari ini bisa disebut hari ketidak beruntungan ku atau tepatnya MALANG. Selain kehujanan dan terjebak macet. Sekitar jam 6:37 pagi kurang lebih, aku kecopetan di Pasar rebo. Barang yang berhasil dicopet HP blackberry curve. Sediihh?? jangan tanya...
Nyesek??? apalagi...    perasaan pagi tadi, aku ngerasa linglung, takut, nyesek dan sedih. Kenapa harus hari ini? kenapa harus saya?
Entah kebetulan atau apa, kemarin aku menulis postingan bersama berpeluang untuk berpisah. Mungkin ini salah satu jawabannya, rasa berpisah dengan hp itu agak nyesek ya. Padahal kemana-mana sama hp itu terus. Mulai dari bangun tidur yang setia ngebangunin kalau aku kebluk, temen ngampus kalo lagi sendiri, temen kerja, temen ngehibur kalo lagi bosen. Tapi tidak apa-apa, aku ikhlas kok. Mungkin ini teguran dari Allah supaya aku bisa lebih baik lagi. Mungkin rasa syukur dan amal shodaqoh ku belum baik, karena Allah terlalu sayang, Allah memberikan cobaan ini untukku, supaya bisa lebih baik lagi.

Kalau boleh jujur aku marah sama mereka yang mencopet hp ku, tapi aku juga berterimakasih karena tidak mencopet dompet ku. Setidaknya mereka masih memiliki hati nurani tidak mengambil semuanya, atau karena tidak sempat saja. Entahlah....  setidaknya, dompetku dan isinya walaupun itu tidak banyak masih ada untuk ongkos pulang. Bayangin kalo semuanya diambil?? aku pulang pake apaan... mau minta tolong, minta tolong kesiapa?? mau ngabarin nggak ada hp, ngga ada uang..

Aku tidak akan menyumpahi mereka. Percuma, hp ku nggak bakalan balik lagi. Cuma berharap, semoga mereka yang ngambil hp ku, cepat diberikan kesadaran untuk segera sadar dari perbuatannya itu. Karena jadi korban copet itu ternyata kayak gini. Sakitnya tuh di sini tuh bener tau..

- Kronologis kejadiannya kayak gini..
Hari jum'at kemarin sebenernya rencana mau pulang kampung, tapi Jakarta sorenya diguyur hujan gede, dan otomatis jalanan jakartapun pasti macet. Makanya aku gak jadi pulang. Pagi tadi aku berangkat dari kost jam 6 kurangan, sengaja berangkat pagi biar ga keburu-buru dan diharapkan jalanan lancar. Aku berangkat menuju pasar rebo naik kopaja 57 jurusan kp. Rambutan-Blok M. Penumpangnya sudah lumayan rame, tapi alhamdulillahnya aku masih kebagian tempat duduk. Aku duduk persis dibelakang pak sopir, disebelah ku ada ibu-ibu sepertinya mau berangkat kerja karena dia pake seragam dinas. Aku duduk, dan mulai mengantuk-ngantuk, biasanya aku jam segitu selesai habis sholat subuh suka lanjut tidur lagi. Makanya aku ngantuk bgt pas dikopaja. Aku gak pake jam tangan, karena jam tanganku kacanya retak dan belum sempet dibetulin. Aku liat hp tidak sering sie, niatnya sekedar ingin mengecek takutnya ada pesan masuk atau liat jam. Hp aku taro ditas resleting kedua. Sekedar info, tasku punya resleting 3, 1 ukuran besar, 1 sedang dan satunya kecil. Mungkin orang-orang yang mencopetku itu memperhatikan korban (aku). Tapi aku ga tau dan ga mau tau, pikirku mereka baik-baik. Gak ada yang memakai celana rantai, tindikan ataupun tattoan penumpang dikopaja itu. Tapi ternyata penampilan itu menipu yaa.. 
Ok, si ibu yang disampingku turun, otomatis bangku di sebelah ku kosong. Kemudian ada abang-abang duduk menggantikan posisi si ibu tadi. Posisi duduknya membelakangiku, sikap ku biasa aja. Ga peduli selagi orang itu gak mengganggu. Aku sempet ngecek jam di hp, terus aku masukin lagi ke tas. (Sekedar info lagi, dibelakang abang-abang itu ada 2 abang-abang lagi yang berdiri deket pintu keluar).

- Perjalanan menuju pasar rebo pun berlanjut biasa aja.
Nah di sini guys, ketika sudah sampai di pasar rebo, aku hendak mau turun, abang-abang yang duduk disebelahku menghalangi jalan, aku ke arah kiri dia ke arah kiri, aku kenan dia ikut juga kekanan, ngikutin aku terus. pokoknya 3 abang-abang itu kaya ngerubungin aku gitu. Mungkin ini trik mereka supaya mengalihkan pandanganku. Aku disana udah mulai ngerasa sewot, posisi tas aku taro didepan dada (karna tasku tas gendong) "hei, bang mau turun ngga, kalo nggak jangan ngalangin, aku mau turun.." gerutuku. Ternyata guys, 2 abang yang dibelakangku ngambil hpku. Posisi hp dan dompet berada di resleting ke 2. Ketika aku turun aku baru nyadar resleting tasku udah pada kebuka tapi aku mau teriak itu kayaknya susah bgt... Sampai keadaan udah mulai sepi dan kopaja tersebut udah kabur kearah kp. rambutan  aku langsung lemes "Astagfirullahaladzim hp ku ilang, aku dicopett...." sentak aku langsung ngecek barang apa aja yang ilang, ngecek dompet "Alhamdulillah dompet ada, isinya masih utuh"...
Tapi tetep aja, walaupun itu sekedar hp. Tetep aja ngerasa sedih, masalahnya itu hp inventaris kantor...
dan semua kontak ada di sana semua.

Dari pengalaman ini, aku banyak mengambil pelajaran dan hikmah.
Berikut tips buat kalian jika menggunakan transportasi umum yang suka sendiri atau karena keadaan dipaksa harus sendiri:
  1. Pisahkan uang untuk ongkos dengan uang lainnya di tempat yang berbeda-beda, ditakutkan jika terjadi kecopetan tidak hilang semuanya.
  2. Pisahkan uang dengan kartu-kartu berharga lainnya seperti KTP, KTM, ATM, STNK, SIM, atau apapun itu. Karena pencopet seringnya mengincar uang atau sesuatu yang bisa dijual. Jadi jika kehilangan dompet, setidaknya kartu-kartu berharga kalian tidak ikutan dicopet juga (aku harap, kalian tidak mengalaminya)
  3. Simpan barang berharga kalian seaman mungkin, dan jaga selama perjalanan
  4. Jangan memakai perhiasan, karena itu sifatnya mengundang dan memberikan kesempatan pada para pencopet
  5. Jangan tidur. Selain takut kebablasan kita terjaga dalam kesadaran. Sadar kamu pergi sendiri, tidak ada yang peduliin, karena warga sekitar terlalu individualis
  6. Pake jam tangan untuk yang kepo jam, biar tidak sering mengeluar masukan hp ke tas ataupun saku. Karena ini bisa memancing pencopet untuk beraksi
  7. Siapkan ongkos pas dan taro ditempat yang mudah diambil tapi aman. Hal ini mengurangi membuka dompet ataupun tas kalian, sehingga kerahasiaan isi dompet ataupun tas kalian bisa terjaga
  8. Waspada terhadap penampilan. Penampilan orang baik tidak selalu baik, karena manusia terlalu banyak rahasianya. Maka harus hati-hati ya guys, bukan maksud suudzon ke orang lain, tapi intinya hanya untuk berjaga-jaga saja
  9. Berharap kalian tidak mengalami hal serupa dengan ku
Semoga cerita dan tips ku bisa bermanfaat ya guys..
Doakan aku juga, semoga aku tidak dimarahi hp kantor ilang dan dipermudah supaya bisa beli hp baru lagi
dan lebih penting semoga hal ini cukup sekali saja terjadi, jangan ada yang kedua. Amiin.

Comments

Popular Posts