Survivenya anak kost & anak rantau

Anak kost dan anak rantau, Bagaimana menurut kamu ...?

Hahaha, ini aku banget.. Semenjak lulus SMK tahun 2011 aku nekat merantau ke Jakarta. Berani ga berani sih sebenarnya. Cuman saat itu aku mikirnya ga ada pilihan lain. Sewaktu lulus SMK aku belum genap 17 tahun masih kurang 5 bulan. Pilihan ku setelah lulus SMK adalah kerja atau kuliah.

  1. Pilihan kuliah sepertinya tidak mungkin, saat itu kondisi keuangan bapak masih ngepasss bgt, dan sebelumnya aku pernah coba daftar beasiswa juga sih di salah satu perguruan tinggi di Bandung, mungkin belum rejeki pas tahap ke 3 aku ditolak (Gagal Lulus). Sedih?? pasti, tapi dikit sih..
  2. Pilihan kerja didaerah tempat tinggal ku juga ga mungkin. Seperti alasan pilihan pertama ditolak. Ditolak karena saat itu umurku belum 17 tahun. Sebelnya orang HRD tanpa liat skill yang kupunya tanpa basa-basi langsung menolak dengan alasan umurku belum cukup. Aku coba melamar ke 3 perusahaan dan ke 3 nya pun menolak.
Akhirnya aku nekat ke Jakarta sendiri, dengan modal ngeyakinin bapak sama ibu seeeyakin-yakinnya. Padahal aku sendiri juga ga yakin.. hahaha  ^.^  . Aku dapet kerjaan pertama di daerah Jakarta Utara dengan gaji sekitar 1,4 jt/bulan. Nominalnya kecil sih cuman aku bahagia dapet duit sendiri. Biasanya sehari cuma dikasih jajan 13 ribu. Saat itu walaupun gaji kecil hasil sendiri, bahagiaaa deh, rasanya beda!!!

Hidup di Jakarta seorang diri, plus dulu mantan anak rumahan tiba-tiba dilepasss, aku kadang sampe suka parno sama orang jakarta, mereka itu baik apa karena tulus atau ada hal lain.. intinya sering berprasangka jelek,,, dengan alasan utama takut dikibulin (#ini dulu)

Tapi kalau sekarang setidaknya karena sering ketemu banyak orang dari berbagai kriteria, bisa menilai mana yang tulus atau tidak...

Cerita: kostan pertamaku, harganya 150 ribu/bulan muraah yaa,, dan kualitasnya juga murahaan. Lagi-lagi ga ada pilihan lain, karena saat itu aku sama ibu cuma dikasih uang bekal 400 rb ga lebih ga kurang. Sebenarnya keluargaku pas pertama aku nekat ke Jakarta mereka nggak yakin ngijinin aku ke Jakarta. Makanya cuman ngasih bekal 400 ribu buat sebulan. Supaya aku ga betah dan akhirnya balik kampung...

Tapi, nooo aku ga mau balik kampung, aku pengen buktiin ke bapak sama ibu, aku udah dewasa, aku bisa bertahan hidup dengan baik walau sendiri. kondisi kostan pertamaku mirip seperti rumah burung dara, seriusss?? panas, ga ada pentilasi apalagi kipas angin. Kostannya dari papan gitu dan pas banget samping rel, taulah kalau kereta lewat gimanaa??? betull kayak gempa lokal. goyang semua :) Kamarku ada dilantai 3, kebetulan dilantai itu cuma ada 1 kamar tok, nah itu kamar aku, dan tidurnya cuma berbantal sajadah.
Tiap malam, setiap mau tidur rasanya takuuuutt bgt, cuman mau gimana lagi. pindah kostan, duitnya ngepass buat makan sampai nunggu gaji pertama. Bilang ke bapak, yakin jawabannya 1 pasti dipaksa balik kampung dan mereka berhasil menang nguji aku.

Pas mandi dikostan pertamaku, kamu tau airnya gimana??? airnya serius ngga seger sama sekali, jadi sistemnya ditampung gitu, sebelum airnya abis, ga diisi tuh bak air. Serius itu aku ga biasa banget..
makanya aku biasain setiap berangkat kerja aku suka bawa sabun, dan aku suka mandi lagi kalau ada waktu kosong atau istirahat di kamar mandi tempat kerjaku, dari pada ntar gatel-gatel. 

Allah itu sungguh baik, walaupun gaji pertamaku kecil, tapi saat itu ditempat kerjaku ada catering, setidaknya uang makan ku ga kepake terlalu banyak. Jadi jatah uang makan bisa dipotong dengan makan catering di tempat kerja.

Singkat cerita, 2 minggu berlalu dan akhirnya aku dapet gaji pertamaku, yesss. Pilihan pertama bukan beli baju atau makanan enak atau jalan-jalan. Tapi PINDAH KOST hahaa, akhirnya aku pamit sama ibu kost pertama dan ijin ke ibu kost yang kedua buat tinggal disitu. kostan ke 2 ku setidaknya lebih layak untuk dijadikan tempat hidup dibandingkan kostan pertama ku, airnya seger, ada kipas angin, ada tempat tidurnya juga, ada bantal, sampah ada yang ngebuangin ahhhh pokonya lebih mending deh, berasa hidup, harganya kostan perbulannya 350 rb. 2 x lipet sih, tapi demi air air gpp lah.
Sekedar saran aja, buat kalian yang ada rencana buat ngekost, cari kostan yang airnya bersih dan listriknya ga turun naik, kalau punya duit lebih mending pilih kostan yang kamar mandinya sendiri. yakin betah deh kamu dikostan dan dijamin meminimalisir selek sama tetangga.

                                                 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

soalnya udah aku buktiin kostan yang kamar mandinya share, untuk dompet sih mungkin ada lebih dikit, cuman kamu bakalan sering ngerasa bad mood. Misalnya kamu lagi buru-buru, tiba-tiba dikamar mandi masih ada orang yang mandi dan laamaaaa, dan waktu mu terbuang cuma-cuma, kedua yang paling bete kalo lagi ke belet, aduh rasanya pengen ngedumell aja. aku sering ngalamin yang tadinya kebelet luar biasa suka sampai sembuh lagi lho,..
Jadi berkorban potong uang jajan kamu, lagi-lagi untuk air dan kamar mandi

Anak kostan dan seorang anak rantau, apalagi di rantauan cuma kamu sendiri ga ada saudara atau kawan yang kamu kenal, yang mesti kamu jaga dan bersikap ramah adalah ke tetanggamu. Karena menurutku, aku dan tetangga dekat saling menitipkan satu sama lain. Jika kesusahan maka harus saling bantu, karena yang ngebantu pasti orang yang jarak terdekat dahulu, ga mungkin keluarga kamu yang jauh dikampung. Salah satunya ketika kamu sakit. 

2 tahun yang lalu aku pernah ngalamin sakit parah. sampai ga bisa duduk sama sekali, rasanya pusing mual, lemes, kalau mata dibuka ngerasa muteerrr, sampai-sampai aku halusinasi sendiri. ngerasa takut dan cuman bisa nangis sendiri dikostan, Mau ngabarin keluarga dikampung sepertinya ga mungkin, alih-alih pasti keluarga malah yang lebih panik. Mau beli makan sama obat ga kuat bangun, beneran kaya orang sekarat saat itu, cumaan tidur melek - tidur melek, minum juga suka keluar lagi. 
Terus siapa orang pertama yang ngebantuin aku, lagi-lagi orang yang paling dekat jaraknya dengan ku. Ga akan pernah aku lupain namanya ka Army, dia panik banget pas ngeliat kondisi aku yang mirip orang sekarat, dia cari obat sana-sini, yang bawain makanan sama minum, yang nyuciin baju aku, yang beresin kamar aku, yang nyaranin aku ke rumah sakit sampai ngasih minjemin uang buat berobat wkwkw. soalnya waktu itu aku ga ada uang cash, mau ke atm manalah aku kuat...

Sebenarnya aku orang yang jarang sakit alhamdulillah, cuman pas saat itu tiba-tiba aku langsung ngedrop. Jadi buat kamu yang saat ini ngekost dan berencana mau ngekost jangan sampai ga kenal sama tetangga sebelah mu ya. kelewatan banget kalau sampai, kamu ga tau nama tetangga sebelahmu. 

Menurutku yang menjadikan survive  nya anak kost dan anak rantau: mereka menjadi lebih mandiri, lebih menghargai orang lain, menghargai waktu, menghargai uang, menyayangi dirinya sendiri dan betapa berartinya keluarga. Alasannya ya karena kamu tinggal sendiri jauh dari keluarga. Hidupmu tergantung dari sikapmu

Menjadi anak kost dan anak rantau, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan kondisi hidup sulit seorang diri wkwkwk, tapi itu justru melatih survive nya kamu.

Posting blog kali ini aku terinspirasi dengan survive nya rekan kerjaku yaitu ucok, yang saat ini masih dirawat dirumah sakit. Semoga cepat sembuh sehat kembali, gemukan lagi dan bisa beraktifitas seperti biasanya.



So, survive nya versi kamu gimana?










Comments

Popular Posts